NVIDIA GeForce GT610M pada ASUS A43SD

17,399 views The Stuff

PENTING!!!

Saya sarankan untuk membaca artikel ini secara lengkap. Sepertinya banyak yang hanya membaca judul, lalu langsung bertanya-tanya tanpa membaca artikel ini secara lengkap.

Mohon Maaf karena Saya tidak akan membajawab pertanyaan-pertanyaan yang jawabannya sudah pernah saya jawab di penanya-penanya sebelumnya.

Setiap update saya selalu menambahkan ke dalam artikel, jadi sebelum bertanya, baca dulu artikel ini secara lengkap. Thanks.

————————————————————————————

Beberapa waktu yang lalu ada yang minta tolong kepada saya buat bantuin ngecek masalah di Laptop ASUS A43SD miliknya. Dia bilang, VGA yang dimiliki notebook ini adalah NVIDIA GeForce GT610M 2GB, tapi saat digunakan VGA yang kedetek adalah Intel HD 3000 integrated dengan shared memory.

Kemudian saya coba melakukan install ulang laptop tersebut beserta driver bawaannya (dalam CD) dan ternyata benar, meski menggunakan GPU-Z NVIDIA nya terdeteksi, tapi tidak bisa digunakan.

Sistem yang digunakan di laptop ini adalah sistem 2 VGA dimana yang satu integrated Intel HD 3000 yang (seharusnya) digunakan hanya saat laptop tidak bergerak dalam High-Perfomance, sedangan NVIDIA GeForce GT610M (seharusnya) digunakan saat laptop berjalan pada High-Performance. Dicoba dengan mendownload driver NVIDIA terbaru pun tidak menyelesaikan masalah.

Saya coba cari solusi di forum resmi dari NVIDIA, tapi sepertinya tidak menemukan solusinya. Ahirnya saya coba mencari solusi sendiri, dan berhasil, NVIDIA dan Intel HD dua2nya terdeteksi, dan bisa berjalan. Bahkan kita bisa memilih sebuah program itu jalan menggunakan VGA yang mana.

Berikut langkah-langkah yang saya lakukan sehingga kedua VGA bisa berjalan, dalam catatan saya melakukan install ulang semua.

1. Install Windows 7

2. Install driver dari CD, tapi jangan ceklist VGA (ada dua, dan dua-duanya jangan di ceklist), karena kita akan melakukan instalasi drivernya secara terpisah.

3. Install driver VGA Intel HD bisa dari CD tersebut, atau download di sini. Kemudian… Restart

4. Install driver VGA NVIDIA bisa dari CD tersebut, atau download di sini. Kemudian… Restart

Perlu diingat bahwa Driver terbaru NVIDIA GT610M sepertinya belum support. Saya masih menggunakan driver versi 285.64.

Setelah kembali masuk ke windows, NVIDIA Control Panel sudah tersedia.

1. Masuk ke NVIDIA Control Panel

2. Pilih manage 3D settings > pada Preferred graphics processor: pilih High-performance NVIDIA Processor

3. Pilih Set PhysX configuration > Select a PhysX processor: pilih GeForce 610M

Selesai deh, sekarang silahkan mencoba memainkan game 3D di laptop ini.

Btw, saya belum melakukan untuk seri ASUS lain yang menggunakan VGA sama, kalo mungkin memiliki masalah yang sama dan cara ini menyelesaikan masalah tersebut, silahkan dishare di sini. 😀

—| Tambahan |—

Selain hal-hal diatas, apabila NVIDIA sudah terinstall dengan benar, kita juga bisa mengatur untuk “memastikan” bahwa VGA NVIDIA digunakan oleh Program tertentu dengan melakukan pengaturan seperti di bawah ini.

Gambar dibawah sekalian tambahan menunjukkan bahwa DXDiag hanya menampilkan VGA Utama, sementara menggunakan GPU-Z bisa menampilkan kedua VGA yang terpasang.

—| Tambahan 18 Agustus 2012 |—

Berhubung banyak yang bertanya mengenai error Intel OpenCL, saya akan mencoba memberikan pendapat pribadi saya untuk masalah ini. Intel OpenCL tidak begitu berpengaruh bagi saya pribadi, karena toh yang saya gunakan adalah NVIDIA untuk OpenCL, sehingga yang penting bagi saya adalah adanya checklist pada NVIDIA dan bukan Intel HD.

Tapi bagi yang masih penasaran, atau pengennya Intel HD ikut terchecklist pada GPU-z, bisa coba download Intel SDK for OpenCL. Installasi SDK untuk Intel ini diluar tanggung jawab saya, karena saya tidak melakukan installasinya.

Dan perlu diingatkan kembali, jika OpenCL tidak terceklist pada NVIDIA, silahkan lakukan install ulang driver dengan urutan sesuai, Intel HD, kemudian baru NVIDIA.

Apakah install ulang windows diperlukan? Tergantung situasi, karena setiap kasus bisa hasilnya berbeda-beda. Jika installasi driver “saja” tidak berhasil, mungkin perlu dilakukan registry cleaner, atau bahkan install ulang Windows.

—| Update Info 1 Juni 2013 |—

Versi Driver 314.22

RAM 8GB

OS Windows 7 64Bit

Berikut adalah game-game yang sudah saya mainkan dengan Setting HIGH dengan tidak ada masalah :

  • Resident Evil 6
  • Resident Evil Revelations
  • Crysis 3
  • GRID 2