Home / Software / Program Video Authoring 0
 51 views

Program Video Authoring

51 views

Bagi anda yang suka merekam video seperti saya, mungkin anda juga suka melakukan video authoring, dimana video-video yang direkam tersebut dikemas menjadi satu video utuh dengan diisi transisi menarik antar video cut, serta menambahkan background music di belakangnya.

Kalau dulu, mungkin merekam video termasuk sesuatu yang mahal, karena untuk merekam video, kita butuh sebuah Camera Recorder (CamCoder) baik itu analaog maupun digital. Tapi sekarang, bahkan sebuah handphone bisa merekam video dengan kualitas lumayan, minimal 640 x 480. Jika anda memiliki sebuah Digital Camera pun sekarang sudah mampu merekam video dengan kualitas bagus dengan resolusi minimal 1280 x 720.

Nah, dengan kemampuan perangkat genggam tersebut kita sudah bisa mereka video-video pendek yang nanti kita jadikan sebuah video yang menarik. Selanjutnya kita akan butuh sebuah program yang mampu membantu kita melakukan video authoring.

Beberapa program yang saya cobakan, akan saya bahas di sini, dan hasil review saya, bersifat pendapat pribadi. Program-program yang saya cobakan adalah hasil install basic, tanpa tambahan plugin maupun addons.

1. Adobe Premiere (99.99 USD)

Personal Score : 3/5

Produk keluaran Adobe ini, saya coba versi Premiere CS5.5. Secara keseluruhan produk ini sebenarnya bagus. Namun saya mengalami satu masalah yang menurut saya sangat sakral. Video yang saya gunakan adalah berformat h264 dengan container .mp4. Saat akan melakukan video authoring, antara video dan audio tidak sinkron, sehingga saya harus melakukan sinkronisasi sendiri. Tidak hanya itu, ternyata setelah di sinkronkan, ada bagian audio yang tidak terload. Jadi jika diliat dari masing-masing video-part, jika audio tergeser sekitar 15 detik di depan, maka 15 detik dibelakang akan hilang. Dan saya masih belum menemukan solusi untuk permasalahan ini.

Adobe Premiere

Herannya, permasalahan ini tidak terjadi jika video yang akan kita gunakan menggunakan format xvid / divx dalam container .avi, atau h264 dalam container .mov. 🙂

2. Corel VideoStudio (69.99 USD)

Personal Score : 4/5

Nama Corel tentunya sudah banyak yang dengar. Terkenalnya produk Corel lainnya membuat nama Corel cukup dikenal orang banyak. Salah satu produknya yang digunakan untuk video authoring, Corel VideoStudio, adalah sebuah produk yang cukup bagus. Produk yang saya coba adalah seri Video Studio X4. Setelah saya cobakan produk ini, tidak ada masalah seperti yang saya alami pada Premiere. Semua format video dapat dipergunakan dengan tanpa ada kendala kompresi ataupun singkronisasi. Dengan fitur transisi, efek, audio edit bawaannya, produk ini hadir cukup lengkap dan nyaman digunakan.

Corel VideoStudio

3. Cyberlink PowerDirector (49.95 USD)

Personal Score : 5/5

Merk mungkin bukan jaminan suatu produk itu bagus atau tidak. Itu yang dialami oleh produk keluaran Cyberlink ini. Mungkin untuk orang awam, nama Cyberlink gak begitu umum, tapi justru produk inilah yang menurut saya terbaik. Fitur yang dimiliki cukup banyak, dan tidak mengalami adanya masalah dalam penggunaan format video manapun. Dan yang membuatnya terbaik, adalah dengan kemampuan dan fitur yang bisa dibilang sama seperti dua produk di atas, PowerDirector hadir dengan harga lebih murah. Dan satu hal yang saya rasakan sangat berbeda adalah kemampuannya melakukan encoding video dengan cepat. Hal ini terjadi dengan kemampuannya memanfaatkan GPU sebagai pusat proses video encoding.

Cyberlink PowerDirector